Kamis, 25 Maret 2010

Sunblock / Sunscreen

dapet referensi dari gurl.me ;)
ini semua yang berhubungan dengan sunblock atau sunscreen..
semoga bermanfaat ;)

Apa sih SPF itu?
SPF singkatan dari Sun Protection Factor.
Artinya SPF tuh waktu yang bisa ngelindungin kita lebih lama di bawah matahari sebelom kulit kita terbakar. Kalau ada tulisan SPF 15 artinya 15 dikali waktu biasa kulit kita terbakar. Kalau tanpa sunblock biasa kita dalem 10 menit kulit udah kebakar, tapi kalau pake sunblock SPF 15 artinya kita bisa bertahan 150 menit. Tapi tetep aja ini gak bisa dijadiin patokan yang pasti. Soalnya ada juga faktor-faktor lain yang mempengaruhi.

Apa itu Broad Spectrum?
Kalau sering liat kata broad spectrum di kemasan sunscreen, ini artinya sunblock itu bisa menangkal UVA dan UVB. Jelas dong kalau SPF aja gak cukup. Makanya kita perlu pilih sunblock yang bisa menangkal UVA juga, ini bisa didapetin kalau didalemnya terkandung Zinc Oxide, Titanium Dioxide, atau Mexoryl SX/XL.

Apa bedanya UVA sama UVB?
UVB bisa nyebabin kita terbakar atau pengelupasan kulit. Misalnya kita berenang siang-siang terus kulit kita jadi item, itu efek dari UVB, emang efeknya langsung keliatan tapi ini cuma sementara. Buat mencegah UVB kita harus memilih sunblock yang SPFnya cukup tinggi.

SPF 15 = menangkal 93% UVB
SPF 30 = menangkal 97% UVB
SPF 45 = menangkal 98% UVB

Dan sebenernya UVA jauh lebih berbahaya dari UVB, soalnya walaupun gak keliatan sekarang, tapi efeknya dalam jangka panjang yang bisa nyebabin kanker kulit, keriput, atau flek. Buat mencegah UVA kita harus memilih sunblock yang tingkat PPDnya oke.

PA+ = PPD 2-4
PA++ = PPD 4-8
PA+++ = PPD >8

0 komentar:

Posting Komentar